text x
Title:
Nama:
Email:
Lokasi:
Nomor Telephon:
Detail:
Problem:
hosting

Apa itu hosting? Ini dia penjelasannya

Pasti saat ini Anda sedang bertanya-tanya, apa itu hosting? Hosting atau web hosting ialah ruangan yang dipakai untuk menampung maupun menyimpan semua file dan data yang dibutuhkan dalam membangun sebuah webiste. File yang disimpan pada hosting berupa video, gambar, email, script, aplikasi dan database.

Pengertian hosting juga dapat diibaratkan sebagai sebuah rumah atau apartement yang disewakan dengan ukuran dan fasilitas yang berbeda-beda, jadi setiap rumah maupun apartement memiliki ukuran dan fasilitas yang berbeda-beda.

Seperti halnya dengan hosting, setiap layanan hosting memiliki fasilitas ataupun penyimpanan yang berbeda. Sebagai contoh sederhananya penyimpanan mulai dari 1GB atau penyimpanan 2GB seperti paket hosting yang ada di Starnet.

Fungsi Hosting

Fungsi hosting ada beberapa fungsi yang dapat kamu ketahui diantaranya:

Sebagai Penyimpanan Data

Fungsi utama hosting sebenarnya ialah untuk menjadi tempat menampung ataupun penyimpanan segala file yang dibutuhkan website atau aplikasi online pengguna yang dapat di akses oleh pengguna lainnya.

Alamat domain atau akses situs

Fungsi hosting selanjutnya adalah sebagai redireksi akses situs dari suatu domain atau DNS. Artinya jadi saat kamu memiliki suatu website yang alamatnya bernama “abcde.co.id” dan kamu berusaha untuk mengakses alamat website tersebut, maka server atau penyedia domain situsmu akan mengakses alamat hosting untuk menjalankan situsmu tersebut.

Menjaga situs tetap online

Fungsi yang sangat penting dari sebuah hosting adalah menjaga situs tetap online, artinya situs yang kamu miliki akan tetap online selama penyedia layanan hosting yang kamu miliki tersebut terjaga dengan baik. Dengan demikian penting bagi kamu untuk memilih penyedia layanan terbaik yang menyediakan support 24 jam untuk memastikan situs kamu tetap online dengan baik.

Jenis-jenis Hosting

Dari pengertian dan fungsi diatas, kini saatnya kamu memahami jenis-jenis hosting, dimulai dengan free hosting, dilihat dari namanya saja kita sudah bisa beranggapan bahwa untuk hosting jenis ini bisa dipakai cuma-cuma. Yaps kamu benar untuk hosting yang satu ini kamu dapat menggunakan secara cuma-cuma. Hanya saja, untuk ruang penyimpanan maupun layanannya sangat terbatas.

Berikutnya untuk jenis hosting ada yang namanya shared hosting, berbeda dengan free hosting untuk shared hosting sendiri merupakan hosting berbayar, mendengar kata berbayar pasti kamu bertanya-tanya berapa harga yang harus kamu bayar. Tenang untuk shared hosting sendiri kamu bisa mendapatkannya dengan harga terjangkau. Karena shared hosting itu sendiri adalah beberapa situs milik beberapa pengguna diletakkan pada server yang sama dan saling berbagi RAM dan CPU.

Selanjutnya ada yang namanya VPS Hosting atau (Virtual Private Server) Hosting yang merupakan hosting yang mirip dengan shared hosting. Yang membedakan hanya saja sumber dayanya jauh lebih besar. Untuk VPS Hosting sendiri kamu bisa menginstal aplikasi yang kamu butuhkan untuk website kamu tanpa harus berbagi sumber daya RAM dan CPU dengan pengguna yang lain. Jadi jika kamu memiliki website yang cukup ramai pengunjung bahkan ada banyak pengunjung setiap hari seperti e-commerce, VPS Hosting cocok sekali.

Dan yang terakhir ialah jenis hosting cloud hosting. Hosting jenis ini terdiri dari banyak varian server. Pada setiap servernya dapat berinteraksi satu sama lain dan saling terhubung, sehingga untuk performa web tetap terjaga. Dengan Cloud Hosting juga kamu tidak perlu khawatir dengan kestabilan server yang kamu pakai.

Demikianlah penjelasan mengenai pengertia, fungsi dan jenis-jenis hosting yang dapat kamu pelajari sebelum memulai dunia blogging.
Semoga blog ini bermanfaat dan salam sukses.

Tags: No tags

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Shopping Basket